Manfaat Mengkonsumsi Ikan Lele Untuk Kesehatan Tubuh

Ikan Lele, siapa sih tak suka dengan ikan jenis ini ? Ikan air tawar yang sering digunakan untuk dihidangkan bersama keluarga ini memang diakui memiliki daging yang enak, banyak dan hmm rasanya gurih membuat kita semua ketagihan untuk menikmati ikan lele lagi dan lagi. Biasanya banyak penjual di pasar yang menawarkan menu lele goreng maupun lele bakar, selain murah, ikan lele ini mudah untuk dikembangbiakkan sehingga mempermudah kita semua untuk mendapatkan lele. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikan ikan lele sebagai menu favorit mereka.
Manfaat Mengkonsumsi Ikan
(c) pixabay
Namun tahukah Anda bahwa ikan lele memiliki banyak manfaat ? Ya,  manfaat ikan lele memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan manusia. Tanpa kita sadari ada banyak nutrisi yang telah kita dapat setelah mengkonsumsi ikan lele. Untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai ikan lele ini kami telah menyiapkan informasi yang mengulas mengenai manfaat ikan lele dan disadaur dari seputarikan.com, simak penjelasan informatif dibawah ini.


Apa itu Ikan Lele ?

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. ciri fisik lelel hampir mirip dengan ikan gabus yaitu memiliki tubuh yang licin, tidak bersisik dan memakan binatang-binatang air kecil, jika di lihat perbedaannya antara ikan lele dan ikan gabus yaitu ikan lele miliki kumis di sekitar mulutnya.


Manfaat Ikan Lele


  1. Sumber Protein
    Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua jenis ikan memiliki kandungan protein yang banyak, termasuk ikan lele. Ikan yang memiliki banyak protein ini sangat baik untuk dikonsumsi dan layak untuk dijadikan menu sehat. Dalam 1 ekor lele terdapat jumlah protein kurang lebih sekitar 15,6 gr protein. Jadi untuk anak-anak atau Anda yang sedang dalam proses hidup sehat menu ikan lele cocok untuk menjadi menu ideal Anda.

  2. Sumber Vitamin B
    Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa ikan lele banyak mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh. bila saja kita kekurangan vitam B12 maka tubuh kita akan lemas dan tidak bertenaga. Oleh karena itu ikan lele sangat baik untuk masa perkembangan anak-anak, apalagi dalam 1 ekor ikan lele kita sudah bisa memenuhi 40% jumlah vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh.

  3. Sumber Fosfor
    Untuk Anda yang masih memiliki anak diusia pertumbuhan, sangat baik bila diberikan menu makanan lele, baik itu lele goreng ataupun menu lainnya, karena lele memiliki kandungan fosfor yang jauh lebih tinggi daripada fosfor yang dimiliki oleh telur. Dalam 1 ekor lele terdapat 167 mg/ 100 gram lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam biasa. Sehingga wajar bila lele menjadi makanan sehat untuk semua kalangan.

  4. Menjaga Kesehatan Jantung
    Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, Anda bisa mengkonsumsi lele. Hal ini dikarenakan lele aman dan bisa menjadi alternatif menu makanan sehat bagi Anda yang menderita sakit jantung. Ada kandungan natrium dan kalium yang bisa membantu penyembuhan Anda dari penyakit jantung.

  5. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi
    Karena ikan lele memiliki kandungan fosfor dan protein yang cukup tinggi maka tak heran bila ikan lele bisa membantu pertumbuhan tulang, gigi dan gusi anak-anak. Berikan menu ikan lele sedari mereka kecil agar nutrisi dalam ikan lele bisa membantu tumbuh kembangnya. Ditambah dengan adanya kandungan mineral yang baik untuk tubuh.

  6. Menurunkan Tekanan Darah
    Untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi ikan lele. Karena ikan lele ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi ke normal. Karena ikan lele memiliki asam lemak omega 3 yang bisa mendukung penurunan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Demikian adalah informasi yang berkaitan dengan manfaat ikan lele yang bisa bermanfata untuk Anda semua.

Subscribe to receive free email updates: