Gusi Bengkak - Penyebab, Gejala, Cara Mencegah dan Cara Mengobati

Gusi Bengkak. Gusi merupakan  jaringan di dalam rongga mulut yang terdiri dari tulang mandibula dan maksila yang ditutupi oleh mukosa. Gusi menjadi bagian yang cukup penting di dalam mulut sebagai tumpuan gigi saat mengunyah. Ada masalah pada gusi sangat berpengaruh saat kita mengunyah dengan ditandai timbulnya rasa sakit.

Gusi Bengkak

Penyakit gusi bengkak akan membuat kita kesulitan mengunyah makanan karena rasa sakit yang timbul akibat pembengkakan gusi tersebut. Gusi bengkak juga akan membuat tidur Anda terganggu, sebab gusi bengkak akan membuat Anda merasa sakit, sehingga tidur Anda akan menjadi kurang nyenyak.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyakit pada gusi bisanya akibat infeksi yang diakibatkan oleh sisa-sisa makanan yang jarang dibersihkan, sehingga tumbuhnya berbagai macam jenis organisme dan bakteri yang mengakibatkan sakit pada gusi. Penyebab gusi bengkak lainnya adalah karena infeksi oleh virus, jamur, kurang gizi dan dapat juga disebabkan oleh kekurangan vitamin C.


Gejala Gusi Bengkak

Gejala paling umum ditemui pada penyakit gusi bengkak yaitu sakitnya di area gusi, dibarengi dengan benjolan dan timbulnya rasa sakit. Keadaan ini akan semakin terasa saat Anda mengunyah makanan, dan setelah selesai mengunyah bisanya terasa cenat-cenut di area gusi yang bengkak.

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Menjaga kebersihan mulut menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya penyakit di mulut khususnya gusi, karena sebagian besar penyebab gusi bengkak diakibatkan oleh banyaknya sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut hingga terjadi pembusukan dan infeksi. Selain itu, asupan vitamin C yang cukup juga dapat mencegah timbulnya pembengkakan pada gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Gusi bengkak bisa diobati dengan berbagai cara, seperti menggunakan obat dari apotek atau menggunakan cara alami yaitu dengan menggunakan ramuan herbal. Beberapa ramuan herbal dapat menggunakan beberapa bahan, seperti daun sirih, air garam, minyak cengkih dll. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan bahan alami sebagai berikut.

Mengobati Gusi Bengkak Dengan Daun Sirih


Gusi Bengkak

Selain untuk obat dan perawatan kewanitaan, daun sirih juga berfungsi sebagai obat gusi bengkak. Kandungan anti biotik yang ada dalam daun sirih mampu mengobati gusi bengkak. Berikut cara meracik daun sirih untuk mengobati gusi bengkak.
  1. Siapkan 15 helai daun sirih segar.
  2. Tambahkan garam dan kunyit secukupnya.
  3. Masukan semua bahan ke dalam 500cc air.
  4. Rebus semua campuran tersebut hingga air mendidih.
  5. Kemudian pisahkan ampas dan sari nya dengan cara di saring.
  6. Air dari saringan ramuan tersebut digunakan untuk berkumur atau diminum.


Mengobati Gusi Bengkak Dengan Minyak Cengkih dan Lada Hitam

Gusi Bengkak

Selain sebagai salah satu bahan untuk pembuatan rokok, cengkih yang sudah dibuat minyak ternyata dapat diandalkan untuk mengobati gusi bengkak. Penggunaan minyak cengkih untuk mengobati gusi bengkak sebagai berikut.

  1. Siapkan satu sendok minyak cengkih dan sedikit lada hitam.
  2. Celupkan jari telunjuk Anda ke minyak cengkih.
  3. Oleskan ke bagian gusi bengkak dengan sedikit lada hitam.
  4. Selain dapat mengobati, campuran minyak cengkih dan lada hitam juga mampu meredakan nyeri berlebih pada gusi bengkak.

Mengobati Gusi Bengkak Dengan Garam


Gusi Bengkak

Garam merupakan sebuah senyawa netral dari hasil pertemuan ion negatif dan ion positif. Garam biasanya di ambil dari air laut yang di tiriskan sehingga menyisakan kristal-kristal putih yang terkumpul, kristal putih itulah yang bisa kita sebut sebagai garam. Garam memiliki rasa asin yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak, cara penggunaannya sebagai berikut.

  1. Siapkan satu sendok makan garam dapur.
  2. Campurkan kedalam satu gelas air hangat.
  3. Gunakan untuk berkumur selama beberapa menit.
  4. lakukan 3 kali sehati agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Mengobati Gusi Bengkak Dengan Jeruk Nipis


Gusi Bengkak

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa salah satu penyebab timbulnya gusi bengkak yaitu akibat dari kekurangan vitamin C, sehingga kadungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis mampu mengobati penyakit gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan jeruk nipis sebagai berikut.

  1. Peras dua buah jeruk nipis matang.
  2. Campurkan Air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan satu gelas air hangat.
  3. Gunakan campuran tersebut untuk kumur-kumur.
  4. Sebaiknya digunakan sebelum dan sesudah bangun tidur.


Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bawang Merah


Gusi Bengkak

Aroma yang khas dari bawang merah membuat orang mampu menebak aromanya meskipun dari jarak yang tidak terlalu dekat. Meskipun memiliki aroma menyengat, bawang merah kaya akan manfaat. Salah satu manfaat bawang merah yaitu untuk mengobati gusi bengkak, cara penggunaannya sebagai berikut.

  1. Haluskan satu  buah bawang merah besar.
  2. Oleskan bawang merah yang sudah halus ke bagian gusi yang bengkak.
  3. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.


Mengobati Gusi Bengkak Dengan Madu


Gusi Bengkak

Rasanya yang manis dan menyehatkan tubuh membuat madu menjadi pavorit banyak orang untuk menyehatkan badan, selain untuk badan, madu juga sering dijadikan bahan untuk merawat kecantikan dan obat tradisional. Cara mengobati gusi bengkak dengan madu sebagai berikut.

  1. Colek madu kental dengan jari tangan.
  2. Oleskan pada bagian gusi yang bengkak.
  3. Lakukan sehati 3 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.


Menggosok gigi dan membersihkan mulut setiap hari menjadi cara paling mudah dan efektif agar terhindar dari gusi bengkak. Jika terlanjur terkena penyakit gusi bengkak, lakukan cara diatas untuk mengatasinya.

Subscribe to receive free email updates: