TBC - Penyebab, Gejala, Cara Mengobati dan Cara Mencegah

WeSehat.Com - TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama MTBC (Mycobacterium tuberculosis) yang menyerang paru-paru. TBC merupakan jenis penyakit menular dan bisa mematikan jika didiamkan terlalu lama. Penularan TBC umumnya melalui udara saat orang yang terjangkit bersin-bersin dan batuk, sehingga ludah yang sudah mengandung bakteri beterbangan di udara dan terisap oleh Orang lain. Penularan Tuberkulosis juga bisa terjadi melalui kontak lain melalui air liur, lendir, ingus dan darah.
Cara Mengobati Penyakit TBC
(c) merdeka.com
Beberapa gejala yang timbul akibat penyakit TBC diantaranya demam, batukberdahak yang di barengi flu. TBC banyak menyerang masyarakat Indonesia, yang kebanyakan di sebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Karena keprihatinan kita terhadap penyakit TBC yang banyak menyerang warga Indonesia membuat kami telah merangkum sejumlah informasi dari Wikipedia mengenai penyebab, gejala, cara mencegah dan cara mengobati penyakit TBC.


Gejala Penyakit TBC

Perlu Anda ketahui, ada beberapa gejala awal yang bisa dirasakan oleh seorang yang akan mengalami sakit TBC dan berikut ini adalah beberapa gejala yang dirasakan oleh mereka yang mengalami penyakit TBC di awal fase.
  1. Penderita akan mengalami demam, berlangsung agak lama namun suhu tubuh penderita tidak terlalu tinggi. Demam biasa dirasakan pada malam hari dan keluar keringat dari tubuh.
  2. Sering kali juga penderita mengalami influenza yang kadang sembuh kadang kambuh lagi.
  3. Nafsu makan penderita yang mengalami gejala penyakit TBC menurun, sehingga berat badan pun ikut menurun.
  4. Penderita mengalami batuk-batuk selama 3 minggu atau lebih bahkan kadang disertai dengan keluarnya darah.
  5. Daya tahan tubuh mulai lemah dan terasa tidak enak.

Bila Anda mengalami 5 gejala diatas, maka Anda harus waspada itu artinya Anda telah memasuki fase penyakit TBC.


Penyebab Penyakit TBC

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi gejala atau pertanda seseorang yang memiliki penyakit TBC, kini saatnya Anda mengetahui apa saja sih penyebab orang terkena penyakit TBC dan berikut adalah informasi lengkapnya.
  1. Penyebab utama penyakit TBC adalah karena tubuh tidak sehat, tubuh yang tidak memiliki pertahanan bisa membuat kita mudah diserang dengan bakteri yang menjadi penyebab utama penyakit TBC.
  2. Yang kedua adalah karena lingkungan yang kotor, debu, polusi, rokok juga bisa menyebabkan seseorang terkena TBC.
  3. Karena tertular langsung oleh penderita TBC, biasanya kita tidak sadar berbicara dengan orang yang menderita TBC kemudian mereka batuk dan kita menghirup bakteri yang mungkin saja sudah terkontaminasi dengan bakteri TBC tersebut.

Jadi tingkat kewaspadaan kita mengenai TBC harus lebih dijaga, harus tetap hidup sehat dan menghindari kontak langsung dengan penderita TBC.


Cara Mengobati Penyakit TBC

Dan berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati TBC, penyakit ini masih bisa disembuhkan jadi Anda harus optimis dan melawan penyakit ini agar bisa sembuh sesegera mungkin.

Cara yang paling ampuh untuk mengobati penyakit TBC adalah dengan jalan medis, itu artinya Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter dan segera melakukan pengobatan, karena dengan mengkonsumsi obat anti TBC dan untuk memulihkan keadaan tubuh Anda, maka Anda pun akan mudah mendapatkan kesembuhan. Bila memang penyakit TBC Anda masih tergolong ringan, biasanya bisa dilakukan dengan obat jalan namun bila dirasa Anda sudah cukup parah maka Anda harus bersedia untuk tinggal dirumah sakit dan mendapat perawatan khusus agar Anda bisa sembuh, berat badan naik dan bebas dari infeksi bakteri TBC.


Cara Mencegah Penyakit TBC

Yang paling penting dalam pencegahan penyakit TBC yaitu daya tahan tubuh yang kuat, selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat. Dan jika diperlukan, Anda juga bisa melakukan vaksin TBC yang bisa dilakukan di rumah sakit. Beberapa langkah untuk mencegah TBC sebagai berikut.
  1. Melakukan vaksin TBC.
  2. Hindari stress Fisik.
  3. Asupan Gizi yang cukup.
  4. Makan tepat waktu.
  5. Menjaga Kebersihan Lingkungan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab, gejala dan cara mencegah dan cara mengobati penyakit TBC yang bisa kita bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi baru bagi para pembaca.

Subscribe to receive free email updates: