Manfaat Luarbiasa Genjer Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

WeSehat.Com - Genjer bisa ditemukan secara liar tumbuh di pesawahaan dan rawa-rawa, karena tanaman genjer hidup di tanah yang lembab yang mengandung cukup banyak air. Tumbuhan yang sering disebut dengan nama paku rawa ini terkadang dibudidayakan oleh petani untuk dijual ke pasar untuk dijadikan sayur, karena jika genjer diolah akan menjadi makanan yang murah yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi genjer menjadi salah satu alternatif untuk menyehatkan tubuh, karena genjer mengandung berbagai vitamin dan zat yang dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit.
Manfaat Daun Genjer
(c) alasehat . net

Meskipun genjer dianggap oleh petani, karena mengganggu pertumbuhan padi, namun karena masyarakat menyukai tanaman ini, akhirnya mereka menggunakan daun genjer sebagai sayuran untuk dimakan. Yang perlu Anda ketahui adalah ada beberapa senyawa yang memiliki manfaat untuk kesehatan seperti yang dikutip dari agrobisnisinfo.com, diantaranya adalah zat besi, protein, serat, lemak, karbohidrat dan polifenol, serta masih banyak kandungan lainnya. Dan berikut ini adalah kegunaan daun genjer untuk kesehatan tubuh manusia.


Manfaat Daun Genjer


  1. Mencegah Resiko Jantung
    Tahukah Anda bila daun genjer ini bermanfata untuk mengurangi resiko jantung ? Dalam daun genjer ada kandungan polifenol yang juga bermanfaat untuk mengurangi serangan jantung serta resiko terjadinya penyakit jantung yang cukup berbahaya.

  2. Anti Kanker
    Selain mampu mengatasi resiko penyakit jantung, daun genjer sebagai hama perawahan ini juga mampu mengurangi resiko kanker. Kandungan polifenol menjadi anti kanker dalam tanaman dan sangat bagus untuk dikonsumsi oleh kita, terutama Anda yang sudah terkena penyakit kanker.

  3. Mencegah Sembelit
    Karena daun genjer memiliki serat yang cukup banyak menjadikan tanaman ini baik dikonsumsi dan bisa melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. dengan mengonsumi daun genjer kita terhindar dari masalah sembelit yang membuat pencernaan dan pembuangan sisa makanan terhambat.

  4. Energi Untuk Tubuh
    Karena dalam tanaman genjer memiliki sejumlah karbohidrat, lemak, protein dan bahkan serta menjadikan tanaman ini memiliki banyak kalori yang bisa membuat energi kita jadi lebih banyak lagi. Dengan mengonsumsi buah genjer, kita bisa mendapat asupan energi dan tak takut kelaparan.

  5. Menambah Nafsu Makan
    Nah bila Anda masih memiliki anak yang susah makan, ajak mereka untuk mengonsumsi sayur genjer. Karena dalam sayur genjer banyak vitamin dan nutrisi, menjadikan sayur ini bisa menambah nafsu makan loh. Bukan hanya untuk anak-anak saja namun juga untuk banyak orang.

  6. Memperkuat Tulang
    Dan manfaat daun genjer selanjutnya adalah bisa membuat tulang lebih kuat. Genjer memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, oleh sebab itu tak heran bila genjer bisa membuat tulang lebih padat.

  7. Meremajakan Sel Tubuh
    Yang terakhir dari manfaat daun genjer ini adalah bisa meremajakan sel-sel didalam tubuh. Hal ini dikarenakan genjer memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Nah protein ini lah yang berguna untuk membuat sel dalam tubuh selalu baru.

Berapa banyak manfaat daun genjer untuk kesehatan tubuh kita ? Ternyata tanaman yang dianggap hama ini justru memiliki banyak nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Bila saja banyak orang yang mau mengonsumsi tanaman genjer ini, maka hama di sawah pun bisa dimanfaatkan dengan baik.

Namun yang perlu diingat adalah kita harus mengonsumsinya dalam batasan tertentu. Karena bila berlebihan tidak baik untuk tubuh kita. Masak dengan benar dan pastikan Anda tidak memiliki sejumlah penyakit yang melarang Anda untuk mengonsumsi daun genjer

Subscribe to receive free email updates: