38 Makanan Untuk Penderita Penyakit Diabetes

WeSehat.Com - Diabetes atau yang sering dikenal dengan kencing manis terjadi akibat banyaknya kandungan gula dalam darah, sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Diabetes yang menyerang manusia bisa mengakibatkan timbulnya komplikasi penyakit lain seperti gagal ginjal, jantung, buta permanen sampai kelumpuhan.
Makanan Untuk Penyakit Diabetes
(c) sonherbal
Terdapat dua jenis dari penyakit diabetes. Jenis pertama yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 lebih disebabkan oleh terjadinya gangguan organ Pankreas karena faktor genetik yang mengharuskan menyuntikan insulin ke dalam tubuh. Beda lagi dengan diabetes tipe 2 yang memiliki insulin, tetapi insulin tersebut tidak dapat membawa glukosa ke dalam sel-sel tubuh yang disebabkan oleh reseptor tidak bekerja, yang mengakibatkan glukosa menumpuk di dalam pembuluh darah.

Apabila terkena penyakit diabetes, sebaiknya selalu menjaga pola makan, dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula untuk meminimalisir penumpukan gula di dalam darah, sehingga secara berangsur-angsur penyakit diabetes semakin membaik dan sembuh total. Berikut daftar makanan untuk penderita diabetes.


Makanan Untuk Penyakit Diabetes

  1. Beras Merah
    Kandungan serat yang tinggi serta rendahnya kadar glukosa dalam beras merah membuatnya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah cukup berbeda dengan beras putih meskipun sama-sama beras. Perbandingan paling menonjol antara dua jenis beras tersebut yaitu dari kandungan serat, pada beras merah kandungan seratnya lebih tinggi, sehingga apabila Kita mengkonsumsi beras merah tidak akan merasakan ngantuk atau lemas. Jika menderita diabetes, ada baiknya beralih dari kebiasaan makan beras putih beralih menjadi beras merah.

  2. Bawang Putih
    Di dalam bawang putih mengandung vitamin A, protein dan B1 dapat diandalkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kebaikan mengkonsumsi bawang putih bagi penderita diabetes dipertegas dengan sebuah penelitian dengan menemukan 60% kandungan air dan 122 kalori dalam setiap 100 gram bawang putih. Serta aroma bau yang yang timbul akibat adanya zat alisin dalam bawang putih  memiliki manfaat alami untuk mengurangi gejala timbulnya penyakit diabetes.

  3. Bayam
    Banyaknya vitamin dalam bayam membuat sayuran ini digemari banyak Orang. Salah satu kandungan dalam bayam yaitu Nutrisi Lutein, yang dipercaya mampu membuat kandungan gula darah dalam tubuh menjadi normal. Penemuan Lutein ini dilakukan oleh Universitas Harvard di tahun 1945. Salah satu akibat dari penyakit diabetes adalah kebutaan, kebutaan ini dapat di minimalisir dengan kandungan Lutein dalam bayam, karena dapat digunakan untuk mengobati makula mata si penderita.

  4. Minyak Zaitun
    Lemak tak jenuh yang ada dalam minyak zaitun membuat tubuh tidak mengalami kegemukan karena bisa menurunkan kadar lippoprotein. Maka dari itu menambahkan minyak zaitun pada olahan akan mengurangi kegemukan dan penimbunan lemak jahat di dalam tubuh, terlebih jika kurangnya olah raga, maka akan semakin mudah tubuh terkena penyakit diabetes.

  5. Oatmeal
    Antara nasi dan oatmeal sama-sama penghasil karobidrat, meskipun begitu, kandungan gula di dalam kedua makanan ini sangat berbeda. Seorang dari anggota American Diabetic Association bernama Marisa More pernah mengatakan bahwa jika Kita makan oatmeal tanpa mencampurkan gula maka dalam oatmeal tersebut mengandung banyak serat, dan kandungan serat dalam oatmeal ini cukup baik untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Daftar makanan diatas baik di konsumsi oleh penderita diabetes, karena tidak memicu meningkatnya gula di dalam darah. Dibawah ini beberapa jenis sayuran, daging, buah-buahan, bumbu dapur, minuman dan jenis lainnya yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  1. Apel hijau
  2. Buah pepaya
  3. Buah mengkudu
  4. Cukai apel
  5. Jambu air
  6. Belimbing wuluh
  7. Alpukat
  8. Blueberry
  9. Buah-buahan citrus
  10. Tomat
  11. Kacang tanah
  12. Pare
  13. Tauge
  14. Kangkung
  15. Daun pandan
  16. Daun selada
  17. Daun serai
  18. Lidah buaya
  19. Kacang merah
  20. Sawi hijau
  21. Brokoli
  22. Kacang cannellini
  23. Kacang walnut atau kenari
  24. Quinoa atau kinoa
  25. Gandum
  26. Ketela pohon
  27. Ubi jalar
  28. Kentang
  29. Ikan salmon
  30. Ikan tunaPsyllium
  31. Kayu manis
  32. Kunyit
  33. Yogurt dan Susu rendah lemak

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

  1. Susu yang mengandung lemak yang tinggi
  2. Daging yang memiliki lemak
  3. Popcorn yang beraneka rasa
  4. Kulit Ayam
  5. Jeroan Hewan
  6. Sayuran yang dalam proses memasaknya dengan banyak tambahan mentega, garam, saus dan keju
  7. Sayuran dalam kemasan yang memiliki kandungan garam yang tinggi
  8. Makanan yang dibuat dari menggunakan tepung terigu
  9. Buah-buahan dalam kemasan yang tinggi kandungan gula

Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur menjadi salah satu langkah awal agar terhindar dari penyakit diabetes. Meskipun penyakit yang terjadi akibat penumpukan gulda di dalam darah ini bisa muncul akibat faktor keturunan juga masih bisa diatasi dengan memilih jenis-jenis makanan yang tidak mengandung kadar gula yang tinggi. Itulah sedikit penjelasan mengenai daftar makanan untuk penderita diabetes, semoga bisa menjadi pengetahuan baru untuk Anda khususnya yang sudah terkena diabetes, agar tidak salah memilih jenis buah, sayur, daging, dan minuman yang akan Anda makan.

Referensi :
  • Halosehat
  • Webkesehatan
  • Aladokter

Subscribe to receive free email updates: