Manfaat Buah dan Daun Gowok atau Kupa Untuk Kesehatan

WeSehat.Com - Gowok, kepa atau kupa  adalah tanaman jenis jambu yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Gowok memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi saat sudah berbuah, sekitar 10-20 meter. Buah gowok berbentuk bulat dan berwarna hijau ketika masih mentah dan berubah menjadi merah hingga ungu kehitaman setelah matang. Gowok merupakan jenis tanaman yang berbuah musiman dan hanya pada waktu tertentu saja Kita bisa memetik buah gowok.
Manfaat Buah Gowok
(c) pojokbuah.blogspot
Gowok sering dipanen dan di ambil buah nya untuk selanjutnya di jual ke pasara atau ke pabrik untuk di olah menjadi beraneka macam minuman. Selain itu, buah gowok juga sering di makan secara langsung. Buah gowok memiliki rasa manis yang sedikit keasaman. Manfaat buah gowok cukup baik untuk kesehatan dan mampu mengobati berbagai macam penyakit.


Manfaat Buah Gowok


Menyembuhkan Mabuk
Keadaan mabuk akan membuat Kita menjadi tidak sadar. Kebanyakan mabuk itu disebabkan oleh menenggak minuman yang mengandung Alkohol. Dalam keadaan mabuk seseorang akan sulit mengontrol emosi dan bertindak dengan tidak menggunakan akal sehat. Buah yang bisa digunakan untuk menyembuhkan mabok adalah Buah Gowok. Berikut cara penggunaannya.
  1. Siapkan satu genggam buah gowok segar yang sudah matang kemudian cuci hingga bersih.
  2. Haluskan dengan menggunakan blender.
  3. Pisahkan sari dan ampas buah gowok tersebut dengan cara disaring.
  4. Sari dari perasan buah gowok tadi kemudian berikan kepada Orang yang mabuk untuk diminum.

Mengatasi Diare
Ketika Kita mengalami diare akan merasa tersiksa, sebab buang air besar berupa air dengan perut merasa mulas. Diare terjadi akibat adanya infeksi pada usus yang diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi tidak bersih yang terkontaminasi virus, bakteri, parasit dll. Ketika diare, salah satu buah yang dapat diandalkan adalah kulit dari tanaman gowok.
  1. Kelupas kulit dari batang tanaman gowok.
  2. Cuci hingga bersih lalu rebus beberapa menit sampai air mendidih.
  3. Diamkan air hasil rebusan tersebut sampai hangat, lalu minum.

Menghilangkan Gatal
Selain buahnya, daun gowok juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diobati oleh daun gowok adalah kudis dan gatal pada kulit. Cara menghilangkan gatal dengan daun gowok sebagai berikut.
  1. Petik beberapa helai daun gowok, kemudian cuci sampai bersih.
  2. Haluskan daun gowok dengan cara di tumbuk.
  3. Oleskan tumbukan daun gowok tersebut ke bagian kulit yang gatal atau bagian yang terkena kudis.

Mengatasi Kencing Manis

Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan gula di dalam darah. Mengkonsumsi buah gowok dipercaya mampu mengatasi diabetes. Konsumsilah buah gowok atau kupa yang sudah tua agar beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya bisa di dapatkan oleh tubuh Anda.

Mengatasi Maag
Penyakit yang diakibatkan oleh asam lambung ini menimbulkan pengaruh rasa nyeri pada lambung. Dan perlu Anda ketahui, jika penyakit maag ini sampai kronis, maka akan memiliki efek samping yang sangat parah dan dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan kematian. Mengkonsumsi buah gowok satu jam setelah Anda makan dipercaya dapat menormalkan kembali asam lambung, dan dapat meredakan nyeri yang timbul akibat penyakit maag tersebut.

Dalam buah, daun  dan batang gowok mengandung beberapa zat seperti flavonoida, saponin dan polifenol yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu konsumsi buah gowok yang sudah matang agar kebaikan yang ada di dalamnya bisa Anda dapatkan, serta daun dan kulit gowok dapat diandalkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Subscribe to receive free email updates: