Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Cara Merawat Kulit Wajah BerminyakMemiliki pori yang besar dan kelihatan mengkilap meskipun cuaca sedang tidak panas. Jangan pernah minder jika kebetulan anda mempunyai kulit yang berminyak karena kabar baiknya adalah saat anda tua nanti kulit anda akan tetap terlihat luar biasa dan bebas keriput.

Jangan lupa baca juga artikel We Sehat lainnya untuk merawat berbagai jenis kulit wajah lainnya, antara lain :
Cara Merawat Kulit Wajah Normal
Cara Merawat Kulit Wajah Kombinasi
Cara Merawat Kulit Wajah Kering
Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Bagi anda yang belum mengetahui ciri-ciri dari kulit wajah berminyak bisa dibaca dibawah ini :

Ciri-Ciri Kulit Wajah Berminyak

  1. Memproduksi terlalu banyak minyak.
  2. Pori-pori kulit lebih besar atau terbuka.
  3. Penampilan berminyak pada tengah hari atau hingga sore hari.
  4. Rawan komedo.
  5. Mungkin bisa terkena pustula (seperti komedo hanya saja bisa meradang). 
Jika kulit anda terlalu banyak memproduksi minyak berarti kulit anda termasuk ke dalam jenis kulit wajah berminyak yang pada saat anda tua nanti kulit anda akan tetap terlihat luar biasa dan bebas keriput. Lakukan perawatan sesuai jenis kulit wajah berminyak anda dibawah ini :

Perawatan Kulit Wajah Berminyak

  1. Cuci muka anda paling tidak sehari dua kali dengan sabun pencuci muka. Tentunya sabun pencuci muka yang khusus untuk menghilangkan minyak pada wajah, dan tentunya harus yang sesuai dengan kulit wajah anda. Jangan terlalu sering mencuci muka dalam satu hari, ini untuk mengurangi produksi sebum. Gunakan pembersih muka yang berbahan dasar minyak sebagai penghilang sebum. Ketika membersihkan wajah lakukan pemijatan disekitar dahi, hidung, dan dagu. Lakukan pemijatan searah jarum jam, ini akan memberikan hasil yang optimal.
  2. Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Gunakan make up berbahan dasar mineral untuk menghindari munculnya jerawat pada muka. Bisa juga pilih jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak seperti spons. Pilihlah produk kecantikan yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Hal ini bisa anda lihat di iklan-iklan. Namun alangkah lebih baiknya anda konsultasikan ke dokter kulit supaya penanganannya tepat.
  3. Minimal satu minggu satu kali sebaiknya anda mengolesi wajah anda dengan scrub, masker, atau peeling. Anda harus pintar memilih produk yang sesuai dengan sensitivitas kulit, atua jika ingin perawatan secara alami, gunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk masker di wajah.
  4. Ketika wajah terlihat berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan. Jangan digosok-gosok karena bisa menyebabkan iritasi dan menyebabkan make up berantakan. Untuk menghilangkan minyak dilarang menggunakan toner yang berkadar alkohol tinggi, ini bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.
Sekian tips dari We Sehat. Lakukan dengan benar perawatan pada kulit wajah anda diatas agar dapat memberikan hasil maksimal. 

Subscribe to receive free email updates: