11 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Mungkin banyak orang di dunia ini termasuk saya yang menginginkan rambut indah tanpa ketombe sedikitpun. Agar tampilan tubuh kita menjadi lebih menarik, bersih, dan terlihat lebih indah itu tidak hanya didukung dengan rambut saja, kulit wajah sangat sering diperhatikan oleh lawan jenis anda.

Namun memiliki rambut yang indah tentu berawal dari akar dan kulit kepala yang sehat. Maka dari sekarang jika anda menginginkan rambut yang indah jagalah kesehatan rambut anda dari berbagai hal termasuk masalah ketombe.

11 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Masalah di kulit kepala seperti ketombe memang banyak terjadi pada semua orang termasuk saya. Maka dari itu saya menulis artikel ini untuk anda yang menginginkan rambut yang indah tanpa ketombe atau yang hanya sekedar membacanya saja. Ketahuilah penyebab ketombe bermunculan terlebih dahulu sebelum melakukan cara-cara untuk mengatasinya. Berikut penyebab ketombe :

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun demikian, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Sebenarnya, dengan mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. Shampoo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kuilt kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat. Namun demikian, shampoo yang tidak ditujukan secara khusus untuk pengobatan, ataupun shampoo yang bukan untuk pengobatan seborrhoeic dermatitis, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit yang teriritasi dan merah. Berikut adalah Cara Alami Menghilangkan Ketombe :
  1. Santan kelapa
    Satukan santan dari setengah butir kelapa bersama satu gelas jus nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Gunakan untuk mencuci rambut dan bersihkan dengan shampo jika sudah selesai. Lakukan tiap lima hari sekali.
  2. Daun Pandan
    Cara menggunakannya: siapkan sekitar 5 atau 7 daun pandan lalu cuci bersih, tumbuk daun pandan hingga halus, peras hingga tersisa airnya saja, lalu usapkan perasan air daun pandan ke bagian rambut hingga rata, diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci bersih.
  3. Lidah Buaya
    Tentu anda sudah mengetahui khasiat lidah buaya untuk kesehatan dan kesuburan rambut, juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Caranya dengan menumbuk bagian daging lidah buaya, lalu oleskan ke area rambut, diamkan sekitar 15 menit lalu basuh hingga bersih.
  4. Aspirin
    Hancurkan dua tablet aspirin sampai halus. Tuangkan shampo ke telapak tangan dan campurkan dengan serbuk aspirin. Gunakan untuk keramas dan diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas.
  5. Jus Apel
    Caranya dengan membuat jus apel, lalu campur dengan air hangat dan gunakan untuk keramas, diamkan sekitar 15 menit, lalu basuh dengan air bersih.
  6. Baking Soda
    Basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala. Bilas sampai bersih dan kering. Lakukan ini setiap kali Anda mencuci rambut, tetapi hanya gunakan baking soda tanpa shampo. Rambut akan terasa kering pada awalnya. Tetapi setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.
  7. Jeruk nipis
    Basuhkan air perasan jeruk nipis merata ke seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dan ulangi cara ini setiap hari sampai ketombe hilang.
  8. Kangkung
    Caranya dengan menyiapkan sekitar satu ikat kangkung yang kemudian direbus dengan campuran 2 gelas air. Tunggu hingga rebusan kangkung hanya tersisa 1 gelas saja, lalu usapkan air rebusan kangkung ke kulit kepala dan area rambut, diamkan sekitar 30 menit lalu cuci bersih menggunakan shampo.
  9. Obat kumur
    Untuk mengobati masalah ketombe yang parah, cuci rambut dengan shampo, kemudian bilas dengan obat kumur yang mengandung alkohol. Cara aneh ini cukup efektif untuk membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan ketombe di kulit kepala.
  10. Cuka sari apel
    Cuci rambut dengan shampo lalu bilas. Kemudian gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.
  11. Garam
    Taburkan garam merata ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan. Selain mempercepat pengelupasan kulit mati, garam bisa menyingkirkan bakteri dan jamur yang bersemayam di kulit kepala.
Itulah 11 cara menghilangkan ketombe secara alami yang We Sehat berikan untuk anda mengatasi masalah ketombe. Silahkan dicoba dari 11 tips yang We Sehat diatas jelaskan. Lakukan dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Subscribe to receive free email updates: