6 Manfaat Buah dan Daun Pare Untuk Kesehatan

Manfaat Buah dan Daun Pare. Tak disangka, buah yang sering kita temui di dalam sayuran ini ternyata memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya, meskipun rasanya agak sedikit pahit. Selain biasa digunakan sebagai makanan yang bisa kita temukan di dalam masakan ternyata  buah dan daun Pare mengandung zat yang baik untuk tubuh. Jika sebelumnya anda tidak menyukai Pare karena rasanya yang pahit, mungkin dari sekarang anda harus mulai mempertimbangkannya karena ada banyak manfaat buah pare untuk kesehatan dan manfaat daun pare untuk kesehatan.
Manfaat Buah dan Daun Pare
(c) wikipedia
Tanaman Pare atau paria tumbuh subur di daerah asia yang memiliki iklim tropis seperti di negara myanmar, India, dan termasuk salah satunya di Indonesia yang cukup banyak sekali kita temui tumbuh subur, bahkan ada yang merambat di genteng-genteng rumah yang buahnya cukup banyak bergelantungan dan indah sekali saat di lihat. Seperti di kutip dari Bidanku.com berikut adalah khasiat buah Pare dan khasiat daun Pare untuk kesehatan.


Manfaat Buah Pare dan Daun Pare


  1. Melancarkan Pencernaan
    Memang sudah bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa sayuran dan buah segar dari alam banyak bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk melancarkan pencernaan, bukan hanya manfaat buah pepaya saja untuk melancarkan pencernaan, tapi ternyata buah Pare juga tak ketinggalan sebagai bagian dari manfaat ini. kandungan serat, karoten, kalium dan vitamin C yang terdapat dalam Pare berkhasiat untuk memperlancar pencernaan setiap orang yang mengkonsumsi nya.

  2. Mengatasi Asma
    Asma adalah peradangan pada saluran pernafasan yang di tandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, ini bisanya terjadi karena adanya penyumbatan yang bersifat revasibel. Tak disangka ternyata sayur dari buah yang memiliki rasa pahit ini bisa mengatasi Asma, menurut sebuah studi yang dilakukan, ternyata dengan mengkonsumsi Pare akan merespond indra pengecap karena rasa dari buah Pare yang pahit sehingga akan menyebabkan sel saluran pernafasan ikut aktif dan membuat seluruh saluran pernafasan menjadi luas dan membuat pernafasan anda menjadi lancar.

  3. Membersihkan Darah
    Selain khasiat yang terkandung dalam Pare seperti yang saya jelaskan di atas, ternyata buah pare bermanfaat untuk membersihkan darah, cara mengkonsumsi nya dengan cara di buat jus dan dikonsumsi secara rutin di saat pagi dan malam hari, dengan mengkonsumsi jus Pare secara rutin akan membantu membersihkan darah anda dengan hasil yang maksimal.

  4. Mencegah Diabetes
    Dengan banyak mengkonsumsi Pare pada setiap menu makanan anda, ternyata dapat mencegah anda dari resiko diabetes, karena kandungan zat yang terkandung dalam buah Pare dapat mengontrol peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh anda.

  5. Menurunkan Berat badan
    Kandungan yang terdapat dalam secangkir buah Pare ternyata memiliki enam belas kalori yang dapat mengontrol nafsu makan anda sehingga dengan begitu anda tidak cepat lapar, ini cocok untuk anda yang sedang melakukan diet atau sedang berusaha menurunkan berat badan.

  6. Menghilangkan Bekas Luka
    Selain pada bagian buah, ternyata daun Pare juga tak kalah manfaatnya terutama untuk obat herbal, salah satunya yaitu untuk menghilangkan bekas luka, cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan cara menyiapkan sekepal daun Pare yang masih segar kemudian dihancurkan, setelah itu campur kan sedikit air panas lalu peras, setelah itu campur kan hasil perasan tersebut kedalam dalam dua sendok makan tepung beras, jika semuanya sudah tercampur lalu aduk sampai merata, lalu tempel kan ramuan yang sudah anda buat tersebut ke bagian bekas luka setiap hari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat pare, selain apa yang sudah saya jelaskan di atas, buah Pare juga bagus sekali di gunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan, jika anda memiliki tambahan mengenai manfaat dari buah dan daun Pare, untuk berbagi silahkan tambahkan di kotak komentar.

Subscribe to receive free email updates: