Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata adalah salah satu panca Indra yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan mempunyai Mata kita dapat melihat semua yang bisa kita lihat, coba bayangkan bagaimana menderitanya kita apabila Indra Penglihatan anda tidak bekerja dengan baik pasti anda tidak akan bisa melihat seluruh keindahan yang ada di dunia ini, tidak ada lagi wanita cantik dalam penglihatan anda, tidak ada lagi alam yang indah, tidak ada lagi senja sore hari yang menawan, karena yang anda lihat hanyalah kegelapan, semua itu pasti membuat anda sangat tersiksa.
Cara Menjaga Kesehatan Mata
(c) pixabay
Untuk membuat mata tetap sehat maka yang harus anda lakukan tentunya menjaga kesehatan mata itu sendiri dengan kebiasaan-kebiasaan yang menguntungkan bagi Indra Penglihatan anda tersebut. Seperti di kutip dari Merdeka.com berikut adalah cara menjaga kesehatan mata secara alami yang bisa Anda ikuti dan Anda terapkan di rumah.


Cara Menjaga Kesehatan Mata


  1. Jangan Melihat Cahaya Terang Secara langsung
    Memang sudah bukan rahasia umum bahwa melihata cahaya yang sangat terang secara langsung dapat merusak mata, salah satu contoh ketika anda berada di tempat pengelasan besi, apabila anda terus-meneris melihat kilatan cahaya yang ada keluar dari percikan api pengelasan maka secara perlahan-lahan indra penglihatan anda akan menjadi kurang baik, itulah sebabnya seorang yang berprofesi sebagai tukang las selalu menggunakan alat pelindung mata ketika sedang mengelas.

  2. Makan Banyak Buah dan Sayur
    Agar mata anda tetap sehat tentunya harus ada asupan vitamin yang di suplai ke mata anda dari makanan, sayuran dan buahbuahan bisa membuat mata anda menjadi sehat seperti contohnya, wortel, Tomat, dan masih banyak lagi buah buah dan sayuran yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata dari dalam dengan asupan vitamin yang memadai.

  3. Jangan Bermain Komputer Terlalu Lama
    Dengen bermain terlalu lama di depan komputer maka akan membuat mata anda menjadi rusak, itu terjadi karena efek radiasi yang keluar dari dalam monitor komputer yang langsung mengarah ke mata anda, apabila anda terpaksa harus mengerjakan sesuatu di depan komputer, usahakan jarak mata dan monitor anda sedikit jauh suapaya efek radia sinya sedikt berkurang.

  4. Memakai Kaca Mata Hitam
    Dengan menggunakan Kaca Mata Hitam akan membuat cahaya yang sangat terang yang akan mengarah ke mata anda menjadi redup dan tentunya hal ini akan mengurangi efek dari cahaya tersebut dan akan membuat mata anda selalu aman dari terjangan sinar tajam yang membahayakan mata.

  5. Kurangi Penggunaan Tetes mata
    Pelu anda ketahui bahwa tetes mata yang baik untuk mata anda adalah tetes mata yang sesuai dengan resep dokter buka asal menggunakan tetes mata, jika anda merah atau perih dan ingin menggunakan tetes mata yang ada di pasaran tentunya boleh-boleh saja hanya saja jangan terlalu berlebihan karena bisa merusak mata anda, kecuali dengan resep Dokter.

  6. Jangan Membaca Sambil Tiduran dengan Posisi Mata ada di Bawah Buku
    Tentuny sudah tidak asing lagi bagi anda mengenai cara membaca buku yang kurang baik ini karena pasti sejak kecil orang tua anda selalu mengingatkan mengenai cara membaca seperti ini, dengan membaca buku dengan posisi badan mengarah ke atas dan buku berada di atas mata akan membuat mata menjadi kurang sehat an tentunya akan mengganggu kesehatan mata.

  7. Hindari Membaca di Tempat Cahaya Redup
    Dengan membaca di tempat yang memiliki cahay yang redup akan membuat mata menjadi cepat lelah karena harus fokus memperhatikan bacaan yang kurang jelas karena kurangnya pasokan cahaya yang bisa di lihat oleh mata anda, jika rasa lelah sudah anda rasakan maka segeralah berhenti membaca dan segera istirahat.

  8. Gunakan Mentimun Untuk Mengompres Mata
    Cara yang bisa anda gunakan untuk mengompres mata yaitu menggunakan mentimun, cara yang bisa anda gunakan cukup mudah yaitu dengan cara mengiris mentimun lalu anda taruh irisan mentimun tersebut di atas mata anda sepuluh menit sebelum tidur dan rasakan kesejukan yang mengalir ke dalam mata anda yang di hasilkan dari irisan mentimun tersebut.

Mungkin itulah salah satu tips menjaga kesehatan mata yang bisa anda terapkan dalam kehidupan agar mata anda menjadi tetap sehat, semoga mata kita semua selalu sehat sampai akhir hayat sehingga selama hidup kita bisa melihat semua keindahan yang ada di dalam dunia ini tanpa keterbatasan penglihatan dan tentunya bisa membuat hidup ini menjadi lebih berwarna.

Subscribe to receive free email updates: