Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun pepaya. Banyak sekali jenis tanaman yang kaya akan manfaat di semua bagian dari tanaman tersebut, mulai dari buah, batang, daun, bahkan bagian akar juga bisa gunakan untuk obat tradisional. Jenis tumbuhan yang masuk kriteria tersebut salah satu contohnya adala Pepaya, selain manfaat buah pepaya yang bisa kita makan, baik di olah terlebih dahulu, daun pepaya bisa kita gunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti dibuat lalapan, penyedap masakan dan dijadikan ramuan herbal.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam daun pepaya cukup banyak sekali yang baik untuk kesehatan tubuh, kandingan gizi tersebut meliputi vitamin c, vitamin B1, kalori, lemak, vitamin A, protein, karbohidrat atau hidrat arang, air dan kalsium, serta daun pepaya juga cukup baik di konsumsi oleh penderita cacingan, karena kandungan kandungan casposide yang terdapat di dalam pepaya, dipercaya sebagai salah satu obat untuk penyakit cacingan.
Manfaat Daun Pepaya
(c) pixabay
Melihat banyaknya manfaat didalam daun pepaya, tentu hal ini akan membuat banyak orang ingin mendapatkan khasiat daun pepaya ini, sehingga jenis makanan yang berbahan dasar dari daun pepaya cukup banyak sekali kita temui di warung nasi dan lestoran, meskipin rasanya pahit tapi banya orang yang suka dengan olahan daun pepaya. Seperti di kutip dari wikipedia, berikut adalah manfaat daun pepaya yang perlu anda ketahui.

Manfaat Daun Pepaya


  1. Meongobati Keputihan
    Keputihan merupakan penyakit pada alat vital wanita, akibat dari penyakit ini membuat wanita yang terkena akan merasakan sakit saat kencing, ada dua macam jenis keputihan, yang pertama adalah Normal dan yang kedua adalah Abnormal, dari dua golongan keputihan tersebut tentu saja yang lebih beresiko adalah keputihan yang Abnormal, karena pada keputihan ini menjadikan gatal pada bagian vagina dalam dan bibir vagina, dan terjadi akibat infeksi. kemudian keputihan Normal bisanya terjadi setiap satu bulan sekali sesudah dan sebelum menstuasi. Penyakit keputihan tidak bisa di anggap sepele karena akan bereseko jika dibiarkan dan tidak ditangani secara serius, karena penyakit ini bisanya disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan jamur. Jika keputihan menyerang anda maka Daun Pepaya bisa di gunakan untuk mengatasinya, caranya dengan merebus satu helai Daun Pepaya, pulasari dan 50 gram alang-alang ke dalam satu koma lima liter air bersih, setelah itu saring rebusan dai ramuan tersebut lalu minum, satu kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  2. Menghilangkan Jerawat
    Masalah Jerawat adalah salah satu yang banyak di keluhkan setiap orang, karena dengan adanya jerawat di wajah dan anggota tubuh lainnya, maka akan membuat kita menjadi kurang nyaman, selain kurang bagus saat di lihat orang, jerawat juga memiliki rasa yang perih terutama yang mengeluarkan nanah. Dengan menggunakan ramuan yang berbahan dasar Daun Pepaya, anda bisa menghilangkan jerawat dengan daun yang memilki rasa pahit tersebut, cara membuat ramuan nya yaitu dengan mengeringkan beberapa helai Daun Pepaya, kemudian daun yang kering tersebut di seduh dengan air bersih, lalu hasil dari sari seduhan daun pepaya tersebut anda oleskan pada area yang mempunyai masalah dengan Jerawat.

  3. Mengatasi Diare
    Diare atau yang biasa kita kenal dengan istilah mencret, penyakit ini bisa kita lihat apabila poop atau tinja yang kita keluarkan berbentuk cair, sehingga akan terus merasa sakit perut dan ingin buang air besar meskipun sudah berulang-ulang kali keluar masuk kamar mandi, diare biasanya terjadi akibat infeksi dari virus atau Bakteri, jika anda terkena diare maka Daun Pepaya bisa anda gunakan untuk mengatasinya, cara yang bisa anda lakukan yaitu, rebus beberapa helai Daun Pepaya dengan minyak kelapa kedalam air secukupnya, kemudian jika Daun Pepaya tersebut sudah layu, tempelkan pada bagian perut anda dan diamkan beberapa saat.

  4. Membasmi Cacing Perut
    Jika di dalam perut anda terdapat cacing perut maka cacing tersebut bisa anda basmi dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari Daun Pepaya. Rebus beberapa helai Daun Pepaya dan Adas Pulowaras kedalam dua gelas air bersih, selanjutnya sari ramuan tersebut anda minum sebelum tidur.

  5. Mengobati Batu Ginjal
    Penyakit batu ginjal atau kencing batu adalah penyakit yang disebabkan oleh benda keras seperti batu yang terdapat di dalam saluran kemih, dan akan menyebabkan perih, nyeri bahkan infeksi. Batu ginjal bisa terbentuk di dua tempat, yang pertama bisa di dalam ginjal, yang kedua bisa juga di dalam saluran kemih. Anda bisa membuat ramuan dari Daun Pepaya untuk mengatasi batu ginjal. Rebus Daun Pepaya yang sudah di cuci kedalam air bersih secukupnya, jika sudah selesai di rebus saring hasil rebusan tersebut, lalu minum. Setelah meminum air dari ramuan yang sudah anda buat tadi, lalu minum air kelapa muda. Tapi perlu di perhatikan bahwa cara ini tidak boleh digunakan jika anda menderita penyakit Hipertensi.

Itulah manfaat daun pepaya untuk kecantikan dan kesehatan, semoga bermanfaat dan penyakit yang anda derita bisa diatasi dengan Daun yang rasanya pahit ini.

Subscribe to receive free email updates: