7 Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kacang Kedelai. Kacang kedelai tergolong sebagai jenis kacang-kacangan dan polong-polongan yang memiliki kandungan protein nabati. Protein didalam kedelai sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya sebagai sumber energi kedua untuk tubuh. Protein dalam kacang kedelai menyuplai zat-zat yang dibutuhkan tubuh dan manfaatnya bagi kesehatan tak kalah dengan jenis kacang lain seperti manfaat kacang almond, kacang hijau, kacang panjang, kacang merah dan kacang tanah  yang sudah pernah saya bahas.
Manfaat kacang kedelai
(c) pixabay
Salah satu manfaat kacang kedelai adalah meremajakan kulit. Hal ini dikarenakan dalam kacang kedelai terdapat kandungan antioksidan yang membantu kulit mengangkat sel kulit mati dan mencegah radikal bebas. Dan salah satu fungsi kacang kedelai adalah untuk membuat anda awet muda. Karena kandungan antioksidan dalam kacang kedelai yang mampu membuat Anda lebih muda. Setelah dipaparkan mengenai sedikit manfaat kacang kedelai. Berikut akan kami jelaskan khasiat kacang kedelai yang mungkin belum anda ketahui.


Manfaat Kacang Kedelai


  1. Menu diet sehat
    Manfat kacang kedelai yang pertama adalah untuk menu diet sehat. Bagi Anda yang sedang mnejalani program diet, ada baiknya mengkonsumsi menu olahan dari kacang kedelai atau kedelainya. Karena kacang kedelai tidak banyak mengandug lemak, dan lemak yang terkandung pun adalah lemak nabati yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh Anda.

  2. Untuk penderita diabetes
    Kacang kedelai sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kacang kedelai mampu mengurani jumlah gula darah dalam tubuh. Bagi Anda yang mnederita diabetes bisa mengkonsumsi makanan dari kacang kedelai seperti tempe, tahu ataupun minum susu kedelai, tentunya tanpa pemanis berlebihan yang bisa menyebabkan jumlah gula darah meningkat.

  3. Mencegah osteoporosis
    Dalam kacang kedelai terdapat vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang sangat bagus untuk pertumbuhan Anda. Sehingga mengkonsumsi kacang kedelai mampu menyehatkan tulang Anda dan bahkan bisa mencegah keripos tulanag sejak dini.

  4. Meremajakan kulit
    Telah dibahas pada ulasan diatas, fungsi dari kacang kedelai adalah untuk meremajakan kulit. Kacang kedelai bekerja mengangkat sel kulit mati dan menggantiya dengan sel kulit baru, sehingga kulit anda terlihat kencang dan sehat, seperti yang dikutip dari beberapa ahli gizi yang mengatakan kacang kedelai bagus untuk kesehatan kulit.

  5. Mencegah kanker
    Bagi penderita kanker, mengkonsumsi kacang kedelai adalah sebuah keharusan. Karena dalam kedelai terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan memiliki zat isoflavon yang baik untuk pertahanan tubuh.

  6. Menurunkan kadar kolesterol
    Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa rutin mengkonsumsi kacang kedelai dalam menu makan Anda. Kandungan vitamin E, protein da isoflavon memberikan pengaruh besar dalam menurunkan jumlah kolesterol. Meskipun kedelai hanya sejenis kacng-kacangan yang bentuknya pun sangat kecil, namun memiliki kemampuan untuk menyehatkan tubuh khususnya menurunkan kadar kolesterol tubuh.

  7. Mencegah darah rendah
    Untuk penderita tekanan darah rendah atau anemia, Anda bisa mengkonsumsi kedelai untuk kembali menormalkan tekanana darah Anda. Hal ini dikarenakan dalam kedelai terdapat vitamin B12 yang mampu menangani tekanan darah rendah, hal ini sesuai dengan kalimat yang disampaikan oleh banyak ahli gizi diberbagai forum 

Demikian bermcam-macam manfaat kacang kedelai untuk kesehatan dan bahkan kecantikan. Mengkonsumsi makanan sehat seperti kacang kedelai membuat tubuh Anda terpenuhi dengan zat gizi yang baik untuk metabolisme tubuh.

Subscribe to receive free email updates: