7 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Tanah. Kacang tanah adalah jenis kacang-kacangan yang hidup di tanah dan biasanya orang lebih menyukai sajian kacang tanah dalam bentuk kacang rebus atau kacang goreng. Untuk sebagian orang mungkin menganggap bahwa kacang tanah adalah salah satu penyebab sumber jerawat. Perlu Anda ketahui bahwa khasiat kacang tanah bagi kesehatan begitu banyak, dan bisa dijadikan sebagai cemilan keluarga dirumah saat santai.

Disini akan kami paparkan mengenai kegunaan kacang tanah, mungkin kita berpikir bahwa kacang tanah hanyalah makanan ringan yang hanya dikonsumsi saat waktu senggang saja, melainkan kandungan vitamin dan nutrisi pada kacang tanah akan membuat Anda semakin suka mengkonsumsinya, dan kandungan yang ada di dalam kacang tanah tak kalah bergunanya dengan kacang almond maupun kacang kedelai karena semuanya dalam satu rumpun Kacang.
Manfaat Kacang Tanah
(c) pixabay
Jadi Anda akan segera mengetahui fungsi kacang tanah tidak hanya sebagai camilan sehat, melainkan makanan kaya nutrisi bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang tanah adalah vitamin A, vitamin B, vitamin K dan asam folat  Berikut adalah manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan beberapa penjelasan kandungan zat yang ada didalamnya .


Manfaat Kacang Tanah


  1. Mengatur gula darah
    Apabila Anda mengkonsumsi kacang tanah baik terutama kacang tanah rebus, akan membantu tubuh Anda mengatur gula darah. Sehingga zat gizi dalam kacang tanah akan membantu tubuh Anda mengatur metabolisme dan sistem regulasi darah agar peredaran gula darah tetap normal dan tidak menyebabkan penyakit diabetes.

  2. Kelancaran ASI
    Salah satu manfaat kacang tanah yang telah disebutkandiatas adalah untuk kelnacaran ASI ibu menyusui. Hal ini dikarenakan dalam satu biji kacang tanah terdapat asam folat yang sangat bagus untuk produksi ASI Anda.

  3. Meningkatkan kesuburan perempuan
    Masih mengenai perempuan, kacang tanah memiliki fungsi untuk meningkatkan kesuburan pada perempuan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam folat yang bisa mencegah lahirnya bayi cacat dan mengurangi resiko cacat janin. Selain itu kandungan vitamin K dalam kacang tanah juga membantu kesuburan seorang perempuan.

  4. Mencegah batu empedu
    Bagi Anda yang sudah mengetahui penyakit batu empedu, kacang tanah bisa menjadi penangkal penyakit ini.

  5. Mencegah penyakit jantung
    Fungsi kacang tanah selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Hal ini dkarenakan dalam kacang tanah memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

  6. Meningkatkan stamina
    Apabila Anda rajin mengkonsumsi kacang tanah yang matang dan kondisi masih segar, hal ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan stamina tubuh Anda. Hal ini didukung dengan fakta bahwa kacang tanah mengandung vitamin B yang menyuplai energi untuk tubuh Anda.

  7. Menurunkan kolesterol
    Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, Anda bisa rutin mengkonsumsi kacang tanah untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan gizi dalam kacang tanah membantu tubuh untuk terus mengontrol sistem metabolisme yang menyehatkan.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kacang tanah bagi kesehatan. Dari sekecil kacang tanah yang tertanam dalam tanah ternyata mampu memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda. Nutrisi yang terdapat pada kacang tanah seperti vitamin A, B, K dan asam folat membantu tubuh Anda untuk terus melakukan proses metabolisme sehat. Terlebih, kacang tanah mampu menghindarkan Anda pada beberapa penyakit dan gangguan kesehatan. Dan yang paling penting adalah konsumsi kacang tanah selagi matang.

Subscribe to receive free email updates: