8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau. Masyarakat Indonesia sangat familiar dengan jenis kacang ini, kacang hijau. Kacang hijau adalah biji dari tanaman tauge. Kacang hijau memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah bermanfaat untuk sumber energi. Manfaat kacang hijau memang tidak sebanding dengan ukuran tanaman jenis ini. Bentuknya hijau dan kecil, namun memiliki manfaat luar biasa untuk kesehata tubuh manusia.
Manfaat Kacang Hijau
(c) pixabay
Kacang hijau bisa dijadikan minuman pilihan pada saat malam hari yang di olah menjadi bubur, serta perlu anda ketahui bahwa beberapa kandungan yang ada di dalam kacang hijau tak kalah dengan zat yang ada di dalam kacang alomod, kacang tanah, dan kacang kedelai yang baik untuk tubuh. Seperti di kutp dari tiportips.com, dibawah ini adalah ulasan mengenai khasiat kacang hijau untuk kesehatan yang dapat anda baca.


Manfaat Kacang Hijau


  1. Antioksidan dalam tubuh
    Salah satu khasiat kacang hijau dalam tubuh adalah penyuplai zat antioksidan yang bekerja untuk menghindarkan tubuh dari gangguan bakteri dan virus akibat radikal bebas. Selai itu dengan adanya kandungan antioksidan dalam kacang hijau mampu membuat Anda lebih muda, zat antioksidan dalam kacang hijau mampu mengganti sel kulit mati dengan sel kulit yang baru sehingga membuat kulit Anda lebih kencang dari sebelumnya.

  2. Melancarkan sistem pencernaan
    Manfaat lain dari kacang hijau adalah membantu tubuh memperlancar sistem pencernaan. Seperti mempermudah usus untuk mengelola makanan, mana yang akan diserap untuk tubuh dan mana yang bakal menjadi kotoran. Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dalam berbagai bentuk, Anda bisa merebusnya kemudian diambil airnya atau dimasak dalam hidangan lain. Selama kacang hijau tersebut tidak terkontaminasi denga zat kimia yang merusak zat gizi dalam kacang hijau.

  3. Menurunkan kolesterol dalam tubuh
    Fungsi kacang hijau untuk kesehatan diantaranya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Karena kacang hijau tidak memiliki kadar kolesterol tinggi, dan memiliki serat yang baik untuk pencernaan manusia.

  4. Menurunkan resiko diabetes
    Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes ataupun yang belum, ada baiknya jika Anda rajin mengkonsumsi kacang hijau. Karena dari sumber yang kami kutip, kacang hijau memiliki indeks glikemik rendah yang bagus untuk pengontrol kadar gula dalam darah.

  5. Kesehatan payudara
    Bagi Anda para kaum hawa, mengkonsumsi kacang hijau sangat disarankan. Karena kacang hijau memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh perempuan dari berbagai serangan virus yang lebih sering menginfeksi kaum perempuan. Dengan adanya kandungan gizi antioksidan tadi mampu membuat sistem imun bagi kesehatan payudara perempuan.

  6. Penyuplai energi tubuh
    Salah satu manfaat kacang ijo adalah sebagai penyuplai energi tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau memiliki kandungan vitamin B, sehingga tidak heran apabila kacang hijau bisa menunda lapar dan memberikan energi bagi tubuh.

  7. Mengontrol hormon perempuan
    Salah satu kemampuan kacang hijau adalah untuk mengontrol hormon perempuan setelah masa berhentinya menstruasi atau monopause. Kacang hijau yang memiliki kandungan isoflavon membantu kesuburan wanita.

  8. Sumber protein nabati
    Kacang hijau memiliki banyak kandungan protein yang sangat bagus untuk kesehatan dan pencernaan tubuh. Protein nabati yang diproduksi dari kacang hijau membantu kelancaran proses metabolisme.

Demikian adalah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi hijau secara rutin mampu meningkatkan produksi protein dan penyuplai energi bagi tubuh. Selain itu kacang hijau sangat baik bagi kesehatan wanita dan janin.

Subscribe to receive free email updates: