Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang. Mendengar kata kacang panjang, pastinya Anda akan berasumsi bahwa ini adalah salah satu jenis sayuran. Ya memang benar, kacang panjang adalah jenis kacang-kacangan dan sayuran yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menu makan mereka. Namun hingga hari ini tidak banyak orang yang mengetahui pasti manfaat kacang panjang. Padahal setelah para peneliti melakukan pengamatan dan percobaan, kacang panjang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan dan pemasok nutrisi tubuh.
Manfaat Kacang Panjang
(c) pixabay
Fungsi kacang panjang lainnya adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Nah untuk Anda yang memiliki permasalahan jerawat pada wajah, Anda bisa mengatasinya hanya dengan memanfaatkan kacang panjang. Terlebih banyak sekali kandungan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin B, klorofil dan betakarotin. Selain itu khasiat kacang panjang juga bisa mengobati beberapa penyakit, sama halnya dengan beberapa jenis kacang lainnya seperti kacang lamond, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini merupakan manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.


Manfaat Kacang Panjang


  1. Meluruhkan air kencing
    Manfaat pertama dari kacang panjang adalah mampu meluruhkan air kencing tingkat sedang. Cara pemakaiannya adalah ambil beberapa kacang panjang, kemudian cuci bersih kacang panjang tersebut. Setelah itu potong kacang panjang menjadi 3 bagian dan kemudian direbus dalam air bersih. Setelah direbus dengan 2 gelas air bersih, ambil sari kacang panjang dan minum 2 kali sehari.

  2. Mengobati sakit pinggang
    Bagi Anda yang memiliki masalah sakit pada pinggang, Anda bisa menggunakan kacang panjang sebagai alternatif obat herbal. Cara pemakaiannya adalah ambil beberapa kacang panjang secukupya dan tambahkan 1 buah jahe dan kencur sebagai bahan tambahan. Kemudian rebus semua bahan herbal yang sudah dicuci bersih. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air bersih dan tunggu hingaa campuran kacang panjang dengan jahe dan kencur mendidih. Setelah air kacang panjang menddih, saring ramuan herbal tersebut kemudian diminum selagi ramuan kacnag panjang hangat.

  3. Meningkatkan stamina
    Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah untuk meninkatkan stamina. Terlebih bagi Anda yang memiliki kegiatan atau rutinitas yang sangat padat, Anda bisa membuan ramuan herbal dari kacang panjang agar stamina dan kesehatan tubuh Anda terjaga. Berikut cara pemakaiannya, rebus beberapa helai kacang panjang dan kencur yang sudah di kupas dan di cuci bersih. Setelah itu rebus dengan air bersih dan tunggu hingga air mendidih. Barulah saring campuran kacang panjang dengan kencur tersebut dan minumlah saat Anda merasaka lelah setelah berkativitas. Untuk tambahan informasi, apabila Anda menyukai rasa manis, Anda bisa menambahkan madu kedalam obat herbal kacang panjang tersebut.

  4. Tekanan darah rendah
    Jika Anda sering merasakan letih, lemas dan lesu karena kekurangan darah atau darah rendah, Anda bisa menggunakan kacang panjang sebagai obat. Khasiat kacang panjang adalah mampu mengobati tekanan darah rendah. Cara membuatnya adalah dengan memasak kacang panjang dengan campuran beberapa buah anggur dan hati ayam kampung. Anda bisa memasaknya dengan menu oseng-oseng atau yang lainnya. Dengan mengkonsumsi hidangan kacang panjang secara teratur bisa menormalkan kembli tekanan darah Anda. Terlebih lagi kacang panjang bisa mengobati batu ginjal, memaksimalkan fungsi limpa dan mencegah penyakit rematik. 

Demikianlah beberapa manfaat kacang panjang dan cara pemakaiannya. Dengan membaca informasi yang telah kami tulis, sekarang Anda menjadi tahu tentang sejuta manfaat kacang panjang untuk kesehatan. Dengan kandungan zat gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B dan zat betakaroten mampu membantu tubuh Anda dalam mengelola kelancaran metabolisme tubuh.

Subscribe to receive free email updates: