9 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nangka. Nangka adalah buah yang sangat subur tumbuh di Indonesia, nangka memiliki banyak daging buah dan rasanya juga tak kalah enak, nangka bisa digunakan ke beberapa menu olahan lainnya, misalnya saja dalam es buah, es dawet, dan beberapa makanan tradisional lainnya.
Manfaat Buah Nangka
(c) pixabay
Buah nangka memiliki rasa manis yang kaya dengan vitamin A dan C, selain itu juga terdapat kandungan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Terlebih lagi nangka memiliki serat tinggi dengan kalori yang rendah sehingga baik untuk kesehatan terutama untuk mereka yang sedang dalam masa diet. Dalam informasi kali ini kita merangkum beberapa manfaat buah nangka dari tipscaramanfaat.com dan akan kita jabarkan satu per satu dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Nangka


  1. Penurun tekanan darah tinggi
    Buah nangka yang kaya akan kandungan mineral kalium memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, jadi bila Anda memiliki tekanan darah tinggi Anda bisa mengkonsumsi nangka untuk menurunkan tekanan darah.

  2. Mencegah anemia
    Bagi Anda yang sering lesu karena kekurangan darah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nangka. Buah nangka yang memiliki kandungan zat besi sangat baik untuk mengoptimalkan tekanan darah ke batas normal. Zat besi dalam buah nangka membantu sistem peredaran darah lebih lancar.

  3. Mengobati asma
    Bila Anda memiliki penyakit asma, tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk mengkonsumsi sari buah nangka. Anda bisa mengambil sari buah nangka untuk diminum dan hal ini berfungsi menjaga asma Anda agar tidak mudah kambuh lagi.

  4. Melindungi tiroid
    Tiroid adalah salah satu kelenjar yang penting dalam tubuh, untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid, kita bisa mengkonsumsi nangka yang memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan mineral dan memproduksi hormon dalam kelenjar tiroid secara efektif.

  5. Menjaga kesehatan tulang
    Buah nangka memiliki kandungan magnesium yang cukup banyak sehingga bila dikonsumsi dalam batasan normal akan memeberikan nutrisi pada tulang. Selain membantu kepadatan tulang, magnesium dalam nangka bisa menjadikan tulang lebih kuat dan sehat. Disisi lain nangka bisa mencegah osteoporosis.

  6. Kaya Antioksidan
    Buah nangka memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, vitamin itu juga yang membuat sistem imun tubuh kebal dari berbagai serangan bakteri dan melindungi tubuh dari serangan virus.

  7. Anti kanker
    Kabar baik untuk Anda semua bahwa nangka adalah buah yang memiliki zat anti kanker. Vitamin C dalam nangka dengan kandungan phyto-nutrisi memiliki sifat anti kanker dan memperlambat degenerasi sel yang pada akhirnya menghambat penuaan dini.

  8. Menjaga kesehatan mata dan kulit
    Karena kaya akan vitamin A dan C, buah nangka sangat baik sebagai nutrisi untuk kesehatan mata dan kulit. Sehingga mata tetap sehat dan terhindar dari rabun serta kulit tetap lembut dan kencang.

  9. Menjaga kesehatan pencernaan
    Buah nangka memiliki serat tinggi sehingga bagus untuk pencernaan da mencegah terjadinya sembelit dan memperlancar gerakan usus dalam perut saat mengolah makanan yang masuk. 

Demikian adalah beberapa manfaat nangka. Mungkin tidak banyak orang yang suka dengan buah nangka, terlebih bentuknya yang besar dan untuk mendapatkan daging buahnya harus membukanya terlebih dahulu dengan konsekuensi terkena getah buah nangka yang sangat lengket. Namun jauh diluar hal itu buah nangka sangat kaya akan manfata untuk kesehatan tubuh bahkan memiliki zat anti kanker yang bisa melindungi diri dari sel jahat tersebut.

Subscribe to receive free email updates: