Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Miring ke Kanan. Tidur bukan hanya kebutuhan, melainkan hal mewah yang terkadang orang terkaya pun tidak mampu membelinya. Mengapa demikian ? Banyak orang yang telah kaya justru tidak memiliki waktu untuk tidur dan beristirahat dengan nyenyak. Banyak orang yang justru sibuk dan lalai untuk sekedar beristirahat sejenak. Alasan ini lah yang menjadikan tidur menjadi kegiatan mahal bagi sebagian orang, bukan karena tidak bisa membeli, namun tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar tidur.
Manfaat Tidur Miring Ke Kanan
(c) pixabay
Dalam bahasan kali ini kita memang akan membahas tidur, namun lebih spesifik lagi, kita akan membahas manfaat tidur ke kanan. Tahukan Anda jika posisi tidur memiliki banyak pengaruh dan manfaat bagi kesehatan ? Untuk Anda yang belum mengetahui informasi tersebut, berikut kita sajikan informasi lengkap mengenai manfaat tidur miring ke kanan dari sumber artikel, doktersehat.com. Apa saja manfaat tidur miring ke kanan untuk kesehatan manusia ? Berikut manfaat tidur miring ke kanan.

Manfaat Tidur Miring Ke Kanan


  1. Mengistirahatkan otak kiri manusia
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa otak manusia dibagi menjadi 2 bagian, otak kanan dan otak kiri dimana masing-masing otak memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Otak adalah organ vital yang mengontrol dan mempengaruhi semua aktivitas manusia. Tahukah Anda dengan posisi tidur miring ke kanan akan membuat otak kiri Anda beristirahat ? Dengan tidur dalam keadaan miring kekanan akan memberikan efek otak kiri lebih rileks dan Anda bisa tidur nyenyak. Sehingga daliran darah dalam otak lancar dan juga terhindar dari penyimpitan pembuluh darah dalam otak.

  2. Mengistirahatkan jantung
    Selain mengistirahtkan otak, tidur dengan posisi miring ke kanan mampu membuat jantung kita beristirahat sejenak dari kerja keras seharian penuh memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian jantung bisa lebih rileks, Anda terhindar dari depresi, stress dan tegang. Bila jantung Anda berdetak dalam keadaan rileks dapat dipastikan bahwa semua aliran darah dalam tubuh lancar dan tidak terhambat.

  3. Mengistirahatkan lambung
    Manfaat tidur dengan posisi miring ke kanan juga baik untuk lambung. Dengan posisi tidur miring ke kanan itu berarti proses makanan yang dicerna tidak akan bercampur dengan asam lambung sehingga cairan empedu meningkat dan hal ini sangat baik untuk kesehatan lambung dan empedu. Bila hal ini terjadi maka dapat mencegah adaya batu empedu ataupun penyakit maag yang sering menyerang sebagian orang akibat memiliki kebiasaan buruk dalam pola makan dan pola tidur.

  4. Penyerapan gizi lebih maksimal
    Mengapa penyerapan gizi lebih maksimal dengan posisi tidur miring ke kanan ? Hal ini bisa terjadi karena pergeran usus dalam perut justru meningkat menjadi lebih cepat dan optimal, sehubungan dengan posisi tidur yang miring ke kanan, pergerakan usus lebih cepat dalam menyerap sari nutrisi dari makanan yang telah kita konsumsi. Setelah mengalami proses penyerapan yang cepat oleh usus dan beberapa organ lain, maka zat sisa yang tidak dibutuhkan tubuh bisa segera dibuang dan melancarkan proses buang air besar.

Demikian adalah 4 manfaat tidur dengan posisi miring ke kanan. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh bila Anda tidur dengan posisi yang benar, termasuk dengan posisi miring ke kanan. Ada beberapa organ tubuh yang akan beristirahat dan lebih maksimal dalam menjalankan proses metabolisme dari kegiatan tidur miring ke kanan.

Namun ada beberapa penyakit yang menyarankan seseorang untuk tidak tidur miring ke kanan. Dan bila Anda sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang melarang Anda untuk tidur miring ke kanan, Anda bisa melakukan saran diatas untuk tidur dengan posisi miring ke kanan agar Anda mendapat manfaat kesehatan.

Subscribe to receive free email updates: