Manfaat Luarbiasa Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Puasa Ramadhan. Bagi umat Islam puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan karena merupakan salah satu Rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh semua penganut agama Islam di seluruh Dunia. Meskipun sebuah kewajiban yang diperintahkan oleh Agama, ternyata puasa ramadhan memiliki manfaat yang luarbiasa bagi kesehatan, sehingga menjalankan ibadah puasa bukan sekedar menjalankan perintah Agama tapi juga untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Puasa Ramadhan

Setiap satu tahun sekali kita selalu menghadapi bulan Ramadhan yang menandakan dimulainya puasa dalam rangka beribadah kepada yang maha kuasa sebagai penganut agama Islam, puasa adalah proses menahan lapar dan haus dari mulai imsyak sebelum subuh sampai magrib di waktu berbuka puasa, di waktu tersebut kita tidak boleh makan dan minum dan beberapa larangan lain yang dapat membatalkan puasa, bukan hanya itu, kita mencicipi makanan atau sejesnya juga bisa membatalkan puasa.

Manfaat Puasa Ramadhan

Ternyata manfaat puasa bagi kesehatan bisa menjadi pertimbangan kita untuk tetap menjalankan ibadah yang di wajibkan oleh agama ini. Informasi yang kami kutif dari manfaatpuasa.com menjelaskan beberapa kebaikan dan manfaat menjalankan puasa, sehingga dengan kata lain puasa bisa menyehatkan badan bahakan bisa mengurangi dan menghilangkan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

Puasa Dapat Menetralkan Racun

Manfaat Puasa Ramadhan
Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa racun merupakan zat yang bisa berwujud berbagai bentuk, baik racun berbentuk padat, racun berbentuk cair, dan racun berbentuk gas. Racun adalah zat yang bisa mengganggu proses pertumbuhdan dan kehidupan sel pada orgenisme. Diantara berbagai organisme yang bisa terkena zat racun salah satunya adalah Manusia, manusia tak luput dari bahayanya racun. Salah satu cara mentralkan racun adalah dengan berpuasa, ketika kita berpuasa tubuh akan mengeluarkan racun atau melakukan detoksifikasi yang terdapat dalam pencernaan. Ketika tubuh menggunakan beberapa cadangan lemak, untuk membentuk sebuah energi, cadangan lemat tersebut akan membakar setiap racun berbahaya di dalam tubuh. Sehingga dengan berpuasa kita bisa sekaligus membersihkan racun di dalam tubuh kita.

Puasa Bisa Mencegah Diabetes

Manfaat Puasa Ramadhan
Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kelas berat atau berbahaya yang bisa menjangkit manusia, penyakit ini timbul akibat tingginya kadar gula darah di dalam tubuh sehingga proses aliran darah dan berbagai fungsi di dalam tubuh menjadi terganggu, penyebab penyakit dibetes bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya, akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan keturunan. Ternyata penyakit diabetes bisa dicegah dengan cara berpuasa, dengan berpuasa kita mengontrol asupan makanan yang dikhawatirkan mengandung kadar gula tinggi, dengan puasa kita bisa mencegah diabetes.

Puasa Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat Puasa Ramadhan
Di dalam tubuh manusia keberadaan ginjal sangan penting sekali, salah satu fungsi ginjal yaitu sebagai organ untuk menyaring kotoran terutama urea yang terdapat di dalam darah dan kemudian kotoran tersebut di buang menjadi bentuk urin atau dikeluarkan ketika kencing. Ginjal akan terus menerus menyaring kotoran dalam makanan maupun dalam minuman jika kita terus menerus makan dan minum, sementara ginjal akan bekerja dengan maksimal apabila kekuatan osmosis urin yang terdapat dalam tubuh mencapai 1000 s/d 12000 mili liter osmosis per kilo gram air. Maka dengan kita berpuasa akan membuat kekuatan osmosis yang terdapat dalam urin dapat tercapai sehingga ginjal dapat berkerja dengan maksimal dan menjadikan ginjal menjadi lebih sehat.

Membuat Fungsi Otak Meningkat

manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan
Organ tubuh paling penting lainya adalah otak, tanpa otak kita tidak akan mungkin bisa menjalankan aktifitas dengan lancar, karena segala fungsi kendali manusia ada di dalam otak, jadi kesehatan otak harus tetap terjaga supaya aktifitas dan rutinitas kita selalu lancar. Membuat fungsi otak menjadi meningkat bisa terjadi karena kita menjalankan ibadah puasa. Pusa dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak karena neurik yang diturunkan oleh otak dapat mengalami peningkatan, dengan peningkatan tersebut maka tubuh akan memproduksi sel yang ada di dalam otak lebih banyak dibandingkan ketika kita sedang tidak puasa, dan akan membuat fungsi otak menjadi meningkat. orang yang menjalankan puasa juga ternyata dapat menurunkan hormon kortisol, sehingga dapat menurunkan stres.

Puasa Bisa Mengontrol Berat Badan

Manfaat Puasa Ramadhan
Berat badan yang kurang ideal membuat penampilan kurang bagus dan dapat membuat kita kurang percaya diri, kadang kala ada orang yang rela mengeluarkan banyak uang dan melakukan diet supaya badan nya tetap ideal. Ternyata tak perlu repot untuk mengontrol berat badan, mengontrol berat badan bisa dilakukan dengan cara berpuasa, karena tak bisa dipungkiri bahwa menahan lapar dan haus dari sebelum subuh sampai magrib merupakan cara yang efektip untuk mengendalikan berat badan. Dan puasa ramadhan membuat pola makan kita menjadi teratur.

Puasa Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Puasa Ramadhan
Sistem imun atau kekebalan tubuh sangat penting sekali bagi manusia, dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh tidak gampang di jangkit oleh penyakit, dengan sulitnya penyakit menyerang tubuh maka tubuh akan tetap sehat dan kuat menjalankan aktifitas. ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, katika kita puasa limfosit akan meningkat sepuluh kali lipat dari biasanya, dengan begitu tubuh akan tetap sehat dan sulit terkena penyakit.

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh, maka dari itu menunaikan ibadah puasa bukan hanya sekedar menjalankan perintah Agama, tapi juga bisa membuat tubuh menjadi sehat serta mencegah beberapa penyakit dan juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Subscribe to receive free email updates: