Manfaat Buah dan Daun Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Mengkudu. Mengkudu adalah salah satu tanaman yang banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan badan maupun kecantikan kulit, mengkudu juga banyak ditemui di wilayah Asia tenggara khususnya Indonesia, sehingga sangat mudah sekali didapat, baik di pekarangan rumah maupun di kebun yang tumbuh secara liar tanpa terlebih dahulu di tanam secara sengaja. Sepertinya khasiat mengkudu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita, karena sejak dulu orang-orang di pedesaan di Indonesia sudah menggunakan tanaman ini untuk pengobatan tradisional dengan cara di ambil buahnya yang sudah matang kemudian di buat jus lalu diminum secara langsung tanpa dicampur dengan bahan lain.
Manfaat Mengkudu
(c) pixabay
Ada banyak sekali kandungan yang terdapat dalam Buah mengkudu yang berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di tubuh manusia, salah satunya adalah zat Terpenoid yang sangat baik untuk memulihkan sel-sel yang terdapat di dalam tubuh, serta ikut berperan pada proses Sintesis Organic. Selain pada buahnya, Daun Mengkudu juga bisa digunakan untuk obat alami, dan tentu khasiatnya tak kalah banyaknya dengan manfaat daun sirsak seperti yang sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya, sehingga patut di coba jika anda menginginkan obat yang murah dan efektip. Seperti di kutip dari indonews.com, di bawah ini adalah manfaat buah daun mengkudu.


Manfaat Buah Mengkudu


  1. Mencegah Kanker
    Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi manusia, karena penyakit ini jika tidak di tangani secara cepat dapat menyebabkan kematian, kandungan zat yang terdapat di dalam Buah mengkudu dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit kanker.

  2. Mencegah Tumor
    Salah satu penyakit yang cukup berbahaya satu lagi yaitu Tumor, apalagi tumor yang menyerang organ tubuh yang sangat vital, dengan mengkonsumsi Buah mengkudu anda dapat mengurangi resiko penyakit Tumor yang dapat menyerang tubuh anda.

  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Mempunyai tubuh yang selalu sehat tentunya harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga sekeras apapun pekerjaan dan aktifitas yang anda jalani, tubuh anda tetap vit dan segar. Semua itu bisa terwujud dengan mengkonsumsi buah yang mengkudu secara rutin dan teratur.

  4. Mematikan Bakteri
    Bakteri adalah salah satu makhluk yang sangat kecil yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, kandungan zat yang terdapat di dalam mengkudu juga bisa digunakan untuk mengatasi bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

  5. Memperlancar Peredaran darah
    Dalam keadaan Normal, Darah yang mengalir di dalam tubuh kita tentunya harus bekerja secara optimal dan lancar sehingga tidak boleh adanya penyempitan pada saluran pembuluh darah jika ingin tetap sehat, pada buah Mengkudu terdapat kandungan zat scopoletin yang dapat di andalkan untuk memperlebar saluran peredaran darah yang mengalami penyempitan sehingga aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar.

Manfaat Daun Mengkudu


  1. Jerawat Batu
    Salah satu jenis Jerawat yang cukup membuat orang kurang percaya diri terutama wanita adalah jenis Jerawat batu, karena jenis Jerawat ini berbeda dengan jerawat-jerawat kecil yang biasa di temui pada hampir semua orang, selain itu cara menghilangkan bekas jerawat batu juga terbilang cukup susah karena biasanya terbentuk lobang-lobang pada wajah. Salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi Jerawat batu adalah Daun Mengkudu, cara pembuatan ramuannya seperti di lansir dari khasiat-obat herbal. blogspot.com adalah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa helai pucuk Daun Mengkudu kemudian tumbuk hingga halus.
  • Campurkan garam secukupnya.
  • Tambahkan minyak Zaitun .
  • Campurkan semua bahan itu sampai merata.
  • Pencet secara perlahan Jerawat batu yang ada di wajah anda sampai semua nanahnya keluar.
  • Jika sudah selesai dikeluarkan nanahnya, selanjutnya cuci muka anda dengan air bersih  dan hangat lalu keringkan dengan menggunakan lap halus.
  • Jiak wajah anda sudah benar-benar kering, selanjutnya anda usapkan campuran dari Daun Mengkudu yang sudah halus + Garam + Minyak Zaitun tadi ke bagian bagian Jerawat yang sudah anda keluarkan nanahnya tadi secara merata.
  • Diamkan beberapa menit sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Mungkin itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan mengenai khasiat daun mengkudu dan Khasiat buah mengkudu yang mungkin belum anda ketahui, semoga semua apa yang sudah saya sampaikan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca.

Subscribe to receive free email updates: